Membudayakan Berpikir Inovatif Sejak Dini: Robotic Day SMA 28 tahun 2012

ImageMembangun sebuah bangsa yang inovatif bukanlah hal yang mudah semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan sebuah proses yang dimulai sejak usia dini dan terus menerus dalam mempersiapkan generasi muda sehingga timbul keinginan untuk selalu berkreasi dan inovatif. Salah satu langkah awal yang perlu dilakukan adalah mulai memperkenalkan Iptek sedini mungkin kepada anak-anak. Untuk itu secara rutin SMAN 28 yang berlokasi di Jakarta Selatan menurut saya salah satu SMA umum negeri yang menjadi pionir dalam hal itu dengan menyelenggarakan Robotic Day yang dilaksanakan pada tanggal 14 – 16 Juni 2012. Acara ini sudah dua kali saya ikuti, kebetulan Kanza pun melalui SD BM 400 secara rutin selalu saya dorong untuk mengikutinya sebagai salah satu kompetisi pemanasan sebelum mengikuti Indonesian Robotic Olympiad (IRO) 2012 yang akan dilaksanakan bulan September nanti. Kebetulan di acara Robotic Day tahun ini juga menampilkan katagori robot NXT Base dengan tantangan menyerupai IRO dan WRO 2012 nanti. Acara robotic day ini dibuka oleh Gubernur DKI Fauzi Bowo yang sekaligus melancarkan sedikit kampanye politiknya kepada anak-anak.

ImageBertempat di SMU 28 Jakarta, puluhan siswa-siswi dari berbagai daerah di Jakarta memadati halaman  sekolah. Dengan semangat, mereka saling berkompetisi memperebutkan gelar juara selama dua  hari penuh. Seperti biasa anak-anak tampak selalu bersemangat dan menikmati kompetisi ini. Acara kompetisi robotik ini diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Adapun jenis kategori yang dipertandingkan dibagi dalam beberapa kategori pertandingan yang terdiri dari:

  1. kategori line follower,
  2. kategori maze solving,
  3. kategori autonomous,
  4. katagori NXT base: smart sorting.

Seperti biasanya katagori yang paling banyak menarik perhatian anak-anak adalah robot sumo. Tak salah lagi untuk katagori ini paling banyak diminati dan paling seru.

Alhamdulillah pada tahun ini SD Bhakti Mulia 400 meyabet 3 penghargaan yaitu juara 1 NXT base Smart sorting robot tingkat SD dan SMP serta penghargaan robot terbaik. Kanza Putra Audiandi yang kali ini berpasangan dengan Baskoro Arif Riyanto berhasil menyabet juara 3 NXT base smart sorting robot tingkat SMP padahal lawan mereka adalah anak-anak level SMP dan SMA. Sementara sebenarnya usia mereka saat itu masih SD namun saya paksakan untuk mengikuti level SMA agar sebagai ajang pemanasan sebelum berlaga di IRO dan WRO nanti. Subhanallah berkat doa dan dorongan semangat dari semua pihak mereka mampu mengalahkan anak-anak yang usianya diatas mereka.

Kita selalu berharap kegiatan Robotic Day SMA 28 ini dapat selalu memperkenalkan iptek secara dini kepada masyarakat khususnya generasi muda. Untuk membuat sebuah robot banyak disiplin ilmu yang dapat dipelajari oleh anak didik kita mulai dari matematika, fisika sampai kepada pengenalan mekanik, hingga pada psikologi dan sosial. Pola pembelajaran semacam ini tentu akan lebih menarik bagi anak-anak. Lebih jauh dari itu, kegiatan semacam ini dapat pula merangsang kreativitas anak dan rasa ingin tahu anak yang pada akhirnya dapat mendorong anak-anak untuk selalu berpikir secara inovatif untuk kemajuan dan kemandirian bangsa ini di kemudian hari.

Semangat terus anak-anak Indonesia !!

Persembahan terakhir Kanza dan Alip untuk BM 400 dihari wisuda mereka

http://www.facebook.com/media/set/?set=a.4187672619435.2172041.1513148288&type=3

Advertisements

About Eddhi Wahyudi H

Location: Jakarta, Indonesia Employer: Directorate Generale of Tax, Ministry of Finance Republic of Indonesia. Interest: Indonesian Property Tax System, Financial Management, Strategic Management
This entry was posted in Umum and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s